Minggu, 09 November 2014

Apa itu pemrograman mobile?

|1 komentar

1. Pengertian Mobile Programing
    Mobile adalah perangkat yang bergerak, misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk perangkat mobile.
contohnya mobile programing untuk ponsel :

1. J2ME , ini rasanya paling umum dan paling banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun     masih menggunakan J2ME dengan tambahan API

2. C++ dalam symbian framework, ini khusus untuk HP dengan OS symbian

3. Flash Lite, game flash di mobile. Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia NSeries

4. Objective C (mirip C tapi beda struktur bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa 
    didevelop via OS Macintosh

5. C++ dalam Brew framework, ini untuk HP CDMA

6. C# .NET, untuk HP dengan OS Windows mobile

7. Javafx mobile, masih dikit yang support, mgkn baru HP Android

Perangkat Mobile
Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain, dan layout tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari system desktop.


    a. Ukuran Yang Kecil

         Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang 
terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.

    b. Memory yang terbatas

    Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary(disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory, pertimbangan - pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari sumber daya yang mahal ini.

c. Daya proses yang terbatas

    Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti hardisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil.

d. Mengkonsumsi daya yang rendah

    Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oelh baterai - baterai.

e. Kuat dan dapat diandalkan

    karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan - benturan, gerakan, dan sesekali tetesan air.

f. konektivitas yang terbatas

    perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless

g. Masa hidup yang pendek

    Perangkat - perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari mereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka booting dalam hitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone mereka bahkan ketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.
Macam – macam Mobile Divice
    Mobile Computers :
               1.      Notebook PC
               2.      Ultra-Mobile PC
               3.      Handheld PC
               4.      Personal Digital Assistant / enterprice Digital Assistant
               5.      Graphing Calculator
               6.      Pocket Computer 
 
          Handheld Game Console :
  
               1.      Nintendo DS (NDS)
               2.      Gane Boy, Game Boy Color
               3.      Game Boy Anvance
               4.      Sega Game Gear
               5.      Pokemon Mini
               6.      NeoGeo Pocket, NeoGeo Color
               7.      Atari Lynx
               8.      Pandora
               9.      GP2x / GP32
               10.    Gizmondo
               11.    PlayStasion Portable (PSP)
               12.    N-Gage
    Media Recorders :
      
               1.      Digital Still
Camera
(DSC)
               2.      Digital Video Camera (DVD atau Digital Camcorder)
               3.      Digital Audio Recorder
    Media Players / Displayers :
   
               1.      Portable Media Player
               2.      E-Book Reader
    Communication Devices :
   
               1.      Mobile Phone
               2.      Cardless Telephone
               3.      Pager
 
    Penggunaan
  
          Perangkat genggam telah menjadi ruggedized untuk digunakan dalam manajemen. Penggunaan termasuk digitalisasi catatan, mengirim dan menerima faktur , manajemen asset, tanda tangan rekaman, bagian pengelola, dan barcode scanning.
  
          Perkembangan terkini ialah dalam kolaborasi seluler system menggunakan perangakan genggam yang menghubungkan video, audio, dan di layar kemampuan gambar untuk memungkinkan multi-partai konferensi secar real-time, indenpenden dari lokasi.
          Komputer genggam tersedian berbagai faktor bentuk ,termasuk smartphone di ujung rendah, handheld PDA, Ultra-Mobile PC dan Tablet PC. Laptop pada umumnya di anggap sebagai perangkat mobile karena mereka tidak cikup kecil untuk terus dalam tangan seseorang.
          Pengguna dapat menonton teloivisi melalui internet dan perngakat mobile. Handphone penerima televise sudah ada dari sejak 1960-an, dan pada abad ke-21 penyedia ponsel mulai membuat televise tersedia di telepon selular.
          Web operator situs mengembangkan perngakat pendetekdi genggam perngakat lunak untuk memastikan bahwa versi yang benar dari situs web yang dikirim ke perangkat mobile yang benar.
           Mobile programming adalah pemrograman aplikasi mobile bisa menggunakan J2ME, mobile merupakan aplikasi yang bisa jalan di handphone seperti PDA atau handphone lainnya yang berbasis JAVA.
          
           Pemrograman untuk mobile device mempunyai aturan tersendiri. Pemrograman dalam J2ME (Java 2 Micro Edition) sudah popular dalam hal pemrograman untuk perlatan dalam ukuran kecil. Ada pula BREW ( Binary Runtime Environment for Wireless) yang dibuat oleh Qualcomm untuk mobile phones. Awalnya BREW dikembangakan untuk CDMA, dapat mengunduh (mendownload) dan dapat menjalankan program- program kecil untuk memaikan
games
, mengirim sms, foto dan lain-lain.
           Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peraltan mobile adalah kendala dalan segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya perbedaan hardware dan API yang di gunakan.


 sumber : http://yuliaschromeromance.blogspot.com/2014/08/penjelasan-tentang-pemrograman-mobile.html

iOS vs Android ?

|0 komentar

iOS vs Android, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Gaming?
Banyak orang yang meributkan antara iPhone (iOS) dengan Android, mana yang lebih bagus? Mana yang lebih powerful? Mana yang lebih berguna? Well menurut saya secara pribadi keduanya adalah software dan hardware mobile phone yang terbaik di dunia. Tapi jika kamu harus memutuskan satu saja dan kamu ingin gadget terbaik untuk gaming mana yang harus kamu pilih?
Berikut saya jabarkan perbandingan keduanya supaya kamu bisa memilih mana yang terbaik untuk kamu. Tapi perlu diingat bahwa kata “terbaik” adalah sebuah predikat yang selalu bergulir dan berganti karena masing-masing pihak akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dari software dan hardware. So untuk perbandingan kali ini kita akan fokus di topik utama kita yaitu gaming.

1. Kualitas dan Kuantitas Game
App Store dan Google Play adalah dua raksasa yang berkembang dengan sangat cepat dan sehat. Tapi untuk sekarang App Store masih memimpin untuk masalah ketersediaan game baik dalam kuantitas dan juga kualitas. Saat peluncuran iPhone 5 kemarin, Apple mengatakan bahwa mereka mempunyai sebanyak 175.000 game dan
entertainment
di App Store mereka, ini adalah angka yang sangat luar biasa!
Kuantitas dan Kualitas App Store | GameSaku
Beberapa game papan atas seperti Infinity Blade, Walking Dead, Chaos Ring atau CSR Racing hanya tersedia di App Store untuk sekarang. Tapi seiring waktu semakin banyak game juga yang di port untuk Android seperti Dead Trigger atau Real Racing. Ini menunjukkan betapa menariknya Google Play untuk segmen gamer. Tapi untuk sekarang App Store adalah pilihan terbaik kamu untuk masalah ketersediaan game.
Pemenang: iOS

2. Raw Power
Update: Sekarang setelah iPhone 5 keluar keadaannya menjadi berbeda. Berbagai benchmark diluar sana mengatakan bahwa Galaxy S3 tetap memimpin untuk kemampuan CPU tapi untuk GPU iPhone 5 mampu menumbangkan semua mobile phone yang beredar sekarang. Karena GPU memegang peranan penting maka untuk saat ini iPhone 5 adalah juara untuk Raw Power.
Raw Power atau kemampuan hardware adalah salah satu faktor pendukung utama dari Gaming. Secara spesifikasi di atas kertas hardware device-device Android bisa dikatakan lebih baik dari iPhone (tidak menghitung iPhone 5 yang belum diketahui secara pasti spesifikasinya). Tapi spesifikasi hardware yang lebih tinggi tidak berarti gamenya akan lebih baik. Karena beberapa game terbaik mobile game hanya tersedia untuk iOS, jadi sekencang apapun gadget Android tapi jika tidak ada game yang cukup mumpuni maka spesifikasi yang tinggi pun tidak akan terpakai.
GL Benchmark 2.5 iPhone 5
Pemenang: iOS Gadget

3. Kompabilitas
Yang sangat berbeda antara Android dan iPhone adalah jumlah variasi handsetnya. Handphone dan tablet Android bisa mencapai ratusan jenis dari berbagai merek sedangkan gadget dari Apple hanya mencapai 5-6 saja. Ini menciptakan masalah baru bagi Android yaitu kompabilitas. Sebuah developer game harus mencoba game mereka disemua device Android yang ada untuk memastikan gamenya berjalan dengan lancar, masalahnya adalah itu tidak mungkin dilakukan. Sehingga para developer hanya menggunakan device-device yang paling populer saja.
Ratusan Gadget Android Untuk Testing
Dibeberapa kesempatan saya juga mengalami hal ini terutama untuk tablet yang supportnya masih lebih minim dibanding Android untuk Smartphone. Apple dengan jumlah gadget yang lebih sedikit otomatis tidak mengalami kesulitan seperti ini sehingga kamu bisa yakin bahwa game yang kamu download pasti berjalan lebih lancar dan tidak mengalami masalah kompabilitas.
Pemenang: iOS Gadget

sumber : http://id.gamesinasia.com/iphone-vs-android-mana-yang-lebih-bagus-untuk-gaming/