Kali ini saya akan mencoba menulis langkah-langkah installasi VirtualBox 3.1 di Linux Ubuntu 9.10 (Karmic Koala). Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu VirtualBox, VirtualBox merupakan software virtualisasi sistem operasi. Versi terbaru, VirtualBox dapat berjalan di Windows, Linux, Macintosh dan OpenSolaris. Serta mendukung banyak virtualisasi seperti Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 and 2.6), Solaris, OpenSolaris, dan OpenBSD.

Tanpa panjang lebar lagi saya akan langsug menjabarkan langkah-langkah instalasi (sebenarnya saya juga sambil install VirtualBox di server saya saat menulis artikel ini ) :

1. Buka aplikasi command-line / Terminal melalui Applications > Accessories > Terminal.

2. Install filesystem pendukung untuk VirtualBox.

$ sudo apt-get install libqt4-network libqt4-opengl libqtcore4 libqtgui4

3.Download paket instalasinya (saat ini versi terbaru adalah versi 3.1, untuk melihat versi terbaru bisa anda lihat di http://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads )

$ wget http://download.virtualbox.org/virtualbox/3.1.2/virtualbox-3.1_3.1.2-56127_Ubuntu_karmic_i386.deb

4. Setelah proses download paket instalasi selesai, saatnya meng-install Virtualbox.

$ sudo dpkg -i virtualbox-3.1_3.1.2-56127_Ubuntu_karmic_i386.deb

saat instalasi anda akan menemukan 2 tampilan dibawah ini, pilih dan dan tekan tombol ENTER.

5. Instalasi selesai. sekarang mulai sesi virtualbox dari Applications > System Tools > Sun VirtualBox (kalau launcher/menunya belum ada, silahkan anda logout terlebih dahulu lalu login kembali).

6. Saat menggunakan virtualbox untuk pertama kali, anda akan mendapatkan tampilan persetujuan lisensi seperti dibawah ini. untuk melanjutkan silahkan geser slider halaman ke akhir lisensi (karena tapa menggeser silder ke akhir lisesnsi maka tombol “I Agree” tidak akan aktif) lalu tekan tombol “I Agree“.

7. Setelah itu anda dapat mendaftarkan instalasi Virtualbox anda. Anda dapat menekan tombol “Cancel” jika anda tidak ingin melakukan proses registrasi (Virtualbox akan tetap bisa digunakan tanpa melakukan proses registrasi.

8. Keseluruhan proses telah selesai. berikut tampilan VirtualBox yang siap digunakan. Untuk Penggunaan virtual box, mungkin akan saya bahas dikemudian hari.

Tambahan :

Koneksi USB secara default ter-disable oleh system, untuk menghidupkannya (enable) perlu edit file mountdevsubfs.sh :

$ sudo gedit /etc/init.d/mountdevsubfs.sh

buatlah agar isi file tersebut menjadi seperti :

——————- isi start ——————–

#
# Magic to make /proc/bus/usb work
#
mkdir -p /dev/bus/usb/.usbfs
domount usbfs “” /dev/bus/usb/.usbfs -obusmode=0700,devmode=0600,listmode=0644
ln -s .usbfs/devices /dev/bus/usb/devices
mount –rbind /dev/bus/usb /proc/bus/usb

——————- isi end ——————–

Mudah-mudahan Berguna bagi anda semua.