Jumat, 26 Maret 2010

Belajar MySQL 5.x, yuk?!

Pengantar Tutorial:
Tutorial ini pertama kali ditulis pada 27 September 2003. Saat itu masih menggunakan perangkat lunak PHPTriad-2.2.1, yang merupakan kumpulan paket dari perangkat lunak Apache (versi 1.3.23), MySQL (versi 3.23.48) dan PHP (versi 4.1.1).

Seiring dengan waktu, banyak perkembangan yang terjadi pada dunia internet. Termasuk pesatnya perkembangan perangkat lunak Apache, MySQL dan PHP yang selalu diperbaharui oleh produsennya masing-masing. Sebagai contoh, versi terbaru dari Apache adalah Apache 2.2.15 (per 6 Maret 2010), versi terbaru dari PHP adalah PHP 5.3.2 (per 4 Maret 2010) atau PHP 5.2.13 (per 25 Pebruari 2010), dan versi terbaru dari MySQL adalah MySQL 5.1.45 (per Maret 2010).

Tutorial ini terdiri dari rangkaian tutorial Apache, MySQL dan PHP yang terdapat di situs ini. Silakan Anda baca sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Insya Allah, saya akan mengupdate tutorial-tutorial yang ada sesuai dengan perkembangan.

Mangga, silakan dilanjut...
Selamat bertutorial... :)

Apa Itu MySQL?


MySQL (bisa dibaca dengan mai-es-ki-el atau bisa juga mai-se-kuel) adalah suatu perangkat lunak database relasi (Relational Database Management System atau disingkat RDBMS), seperti halnya database ORACLE, Postgresql, MS SQL, dan sebagainya. Jangan disalah-mengertikan bahwa MySQL sama dengan istilah SQL. SQL (singkatan dari Structured Query Language) sendiri adalah suatu sintaks perintah-perintah tertentu atau bahasa (pemrograman?) yang digunakan untuk mengelola suatu database. Jadi, MySQL dan SQL adalah dua 'hal' yang berbeda. Mudahnya, MySQL adalah perangkat lunaknya, sedangkan SQL adalah bahasa perintahnya. Cukup jelas kan?

Sejarah MySQL dan SQL

Selengkapnya tentang apa dan bagaimana, sejarah, fungsi dan lain-lainnya silakan kunjungi aja situs resminya http://www.mysql.com.

Sistem Operasi apa saja yang mendukung?


MySQL didukung oleh banyak sistem operasi, seperti Linux, Unix, Windows, Solaris, FreeBSD, Mac OS X, HP UX, IBM AIX, SCO Unix, SGI Irix, Dec OSF, dan sebagainya. Dapat digunakan baik pada komputer dengan prosesor 32-bit maupun 64-bit (prosesor AMD 64 X2 maupun Intel Core2 Duo ).

Apa yang perlu disiapkan sebelumnya...

Sebelum melanjutkan tutorial ini, Anda harus memiliki sistem MySQL yang telah terpasang dengan baik di komputer Anda. MySQL dapat dapat diunduh (di-download) langsung dari situsnya di www.mysql.com. Ada 2 jenis produk yang ditawarkan: Community Edition dan Enterprise Edition. Perbedaannya, Community Edition menggunakan bendera Open Source dengan konsekwensi gratis diunduh, gratis digunakan, tapi dengan fasilitas dukungan yang terbatas dari produsernya. Sebaliknya, Enterprise Edition, ada biaya lisensi dan service maintenance yang harus dibayarkan kepada produsernya (per tahun atau sesuai kontrak perjanjian), dan Anda pun akan mendapatkan dukungan penuh dari produsernya. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan jenis Community Edition saja. Itu sudah mencukupi.


Anda disarankan untuk menggunakan versi MySQL yang terbaru dan telah dinyatakan stabil oleh produsernya. Biasanya ada kata recommended di samping versi MySQLnya. Pada bulan Maret 2010, MySQL versi terbaru adalah MySQL 5.1.45 (Community Edition). Nah sekarang silakan Anda unduh dulu (bisa di-download langsung melalui link http://dev.mysql.com) dan kemudian diinstall ke dalam komputer Anda. Silakan baca juga tutorial terkait di situs ini untuk menginstall MySQL.

Catatan:
Tutorial ini menggunakan MySQL versi 5.1.45. Anda dapat saja menggunakan MySQL versi sebelumnya maupun versi terkini. Pada dasarnya perintah-perintahnya masih tetap sama sehingga dapat mengikuti langkah-langkah tutorial .



0 komentar:

Posting Komentar