Sabtu, 21 April 2012

Mantan CEO Google Terima Bayaran Rp 929 Miliar


TEMPO.CO , San Fransisco - Bergeser dari CEO Google ke jabatan executive chairman terbukti menjadi langkah karir yang menguntungkan untuk Eric Schmidt. Ia menerima paket kompensasi senilai US$ 101 juta atau Rp 929 miliar tahun lalu, menurut sumber perusahaan itu. Jumlah itu 322 kali lebih tinggi dari paket US$ 313.219 yang diterima Schmidt tahun 2010.

Schmidt, 56 tahun, mengakhiri tugas selama satu dekade sebagai CEO Google April lalu dan menyerahkan jabatan kepada pendiri Google, Larry Page. Sesaat sebelum serah terima jabatan, Google (GOOG) memberikan Schmidt saham dan opsi saham senilai hampir US$ 94 juta, menurut pernyataan perusahaan.

Google juga menaikkan gaji Schmidt dari US$ 1 juta per tahun sebagai CEO menjadi US$ 1,25 juta sebagai pimpinan eksekutif. Gajinya menjadi US$ 937.500 karena ia menghabiskan tiga bulan pertama tahun ini dalam pekerjaan dengan gaji lebih rendah sebagai CEO.

Kompensasi Schmidt terdiri dari bonus US$ 6 juta dan tunjangan senilai hampir US$ 264.000. Schmidt menyimpan setengah dari bonus tahun lalu dalam rencana perusahaan yang dapat menunda pembayaran sampai lima tahun.

Paket kompensasi Page mencapai US$ 1 tahun lalu, yang terdiri hanya dari gaji nominal. Dia telah mempertahankan gaji US$ 1 juta sejak 2005, meskipun dalam beberapa tahun ia telah menerima bonus liburan.

Peringkat Forbes terbaru memperkirakan total kekayaan Page (39) dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin (38), masing-masing senilai hampir US$ 19 miliar. Majalah ini menyebut kekayaan Schmidt hampir US$ 7 miliar.

by:yahoo news

0 komentar:

Posting Komentar